Disarpus Klungkung Hadiri Undangan Sharing Program Perpustakaan dan Kearsipan di DAPD Buleleng

(Buleleng, 31/10/2022). Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung menghadiri undangan sharing program perpustakaan dan kearsipan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng pada hari Senin, 31 Oktober 2022. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung yang turut hadir sebanyak 5 orang, yaitu dari unsur Kepala Bidang Penyelenggaraan Kearsipan, Kepala Bidang Perpustakaan, Fungsional Arsiparis dan Pustakawan.

“Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung di bidang perpustakaan secara rutin menyelenggarakan perpustakaan keliling yang diisi dengan kelas mewarnai, catur, baca puisi, dan karaoke untuk anak-anak pada saat car free day. Disamping itu, baru-baru ini Kami juga telah melaksanakan penilaian standarisasi Pusat Informasi Sahabat Anak yang diinisiasi oleh KemenPPPA RI dimana Kabupaten Klungkung merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Bali dalam penilaian tersebut. Semoga hasilnya sesuai harapan dan meningkatkan fungsi perpustakaan sebagai salah satu sarana penting dalam Kabupaten Layak Anak”, ungkap Rees Jati Prakasa, Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung saat memberikan paparan.

“Sekecil apapun kegiatan dan inovasi yang dilakukan harus dipublikasikan dan ditunjukkan kepada masyarakat, agar keberadaan perpustakaan menjadi lebih bermakna. Perpustakaan yang dahulu hanya menunggu masyarakat datang berkunjung, sekarang harus berani memberikan layanan jemput bola ke masyarakat. Terlebih lagi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung sedang membangun gedung layanan perpustakaan daerah yang bersumber dari DAK Tahun 2022 sehingga menjadi tugas berat untuk memaksimalkan gedung tersebut untuk dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat melalui berbagai kegiatan-kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial”, lanjut Rees Jati Prakasa.

Ia menambahkan bidang kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung saat ini dalam proses untuk mendapatkan akun live aplikasi SRIKANDI. Namun demikian, pihaknya telah memberikan sosialisasi dan workshop aplikasi SRIKANDI kepada operator di seluruh OPD di Kabupaten Klungkung. Saat ini operator-operator tersebut sudah bisa menjalankan tugasnya secara mandiri.

Sebagai informasi, kegiatan sharing program perpustakaan dan kearsipan ini rutin yang diselenggarakan tiap dua bulan sekali untuk membahas capaian dan diseminasi program di bidang perpustakaan dan kearsipan pada masing-masing Dinas/Unit Kerja yang membidangi urusan perpustakaan dan kearsipan Se-Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Untuk bulan Oktober 2022, DAPD Buleleng menjadi tuan rumah penyelenggaraan dan berikutnya giliran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karangasem bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan. (rjp).

Tinggalkan komentar