KemenPPPA Verifikasi Lapangan Standardisasi Pusat Informasi Sahabat Anak di Disarpus Klungkung

(Semarapura, 24/10/2022). Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung mengikuti verifikasi lapangan standardisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (KemenPPPA) pada hari Senin, 24 Oktober 2022. Bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, proses verifikasi dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang Perpustakaan, Fungsional Pustakawan, dan staf bidang perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung. Turut hadir perwakilan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, Anak Agung Istri Ngurah Manik, SH, M.Ag dan Nina Samidi selaku Asesor dari KemenPPPA.

“PISA merupakan pusat informasi dengan fokus pada penyediaan informasi terintegrasi yang dibutuhkan oleh anak, dengan pendekatan pelayanan ramah anak yang dapat dijalankan fungsinya baik secara langsung dalam sebuah ruang yang disediakan maupun secara daring”, sambut Nina Samidi.

Ia menambahkan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung merupakan yang pertama dan satu-satunya perwakilan Provinsi Bali dalam penilaian standardisasi PISA secara nasional di tahun 2022. Nina Samidi mengungkapkan pelaksanaan fungsi PISA pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung sudah berjalan dengan cukup baik dan memiliki beberapa kelebihan pada indikator kebijakan, program, pengelolaan, SDM, sarpras dan lingkungan, serta monev. Namun demikian, terdapat pula kekurangan terhadap indikator-indikator tersebut yang perlu diperbaiki di tahun berikutnya.

“Untuk peningkatan PISA di masa datang, Kami menyediakan ruang layanan anak yang lebih luas dan representatif di gedung layanan perpustakaan yang selesai dibangun pada bulan Desember 2022. Selain itu, dilakukan kerja sama dengan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung sebagai Bunda Literasi”, ungkap I Komang Wisnuadi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung.

Dalam paparannya, I Komang Gde Wisnuadi menjelaskan bahwa SK Tim Pengelola PISA dan Maklumat Pelayanan PISA telah ditetapkan, diinformasikan serta dilakukan pernyataan komitmen pelayanan PISA oleh seluruh unsur pengelola sebagai wujud keseriusan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung menjalankan fungsi PISA. Lebih lanjut, Ia mengungkapkan program layanan informasi, program diseminasi informasi, dan program pendukung PISA secara jelas tertuang dalam standar pelayanan perpustakaan.

“Layanan informasi ramah anak Kami berikan melalui website, facebook, telepon, WA, sosialisasi, kunjungan, dan juga brosur. Disarpus Kabupaten Klungkung juga bekerja sama dengan Disdikpora Kabupaten Klungkung dan pelaku usaha kuliner untuk menyelenggarakan kegiatan literasi untuk anak-anak. Di samping itu, mobil perpustakaan keliling yang kami miliki sekarang menyediakan kelas menggambar, catur, permainan edukatif, baca puisi, dan karaoke untuk memotivasi potensi anak dan sebagai sarana saling berbagi pengalaman antar anak-anak pada saat car free day”, ujar I Komang Gde Wisnuadi. Dalam akhir paparannya, Ia mengucapkan terima kasih Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung telah diberikan kesempatan oleh KemenPPPA mengikuti verifikasi lapangan standardisasi PISA dan berharap pelayanan perpustakaan yang ramah anak dapat ditingkatkan di masa datang.

Sebagai informasi, verifikasi lapangan standardisasi PISA yang diselenggarakan oleh KemenPPPA bertujuan untuk mendapatkan informasi dari tinjauan lapangan atas hasil evaluasi mandiri tahap I dan II dari lembaga penyelenggara PISA. Dari 49 Kabupaten/Kota yang mengikuti evaluasi mandiri tahap I dan II, hanya 8 Kabupaten/Kota yang mengikuti tahap verifikasi lapangan termasuk diantaranya adalah Kabupaten Klungkung. (rjp).

Tinggalkan komentar