Disarpus Klungkung Hadiri Rapat Teknis Inovasi Daerah

(Semarapura, 21/10/2022). Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung beserta staf menghadiri undangan rapat teknis inovasi daerah yang diinisiasi oleh Baperlitbang Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Bupati Klungkung pada hari Jumat, 21 Oktober 2022. Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Klungkung dihadiri oleh Sekda Kabupaten Klungkung, Kepala Baperlitbang Kabupaten Klungkung, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Klungkung, dan sejumlah Kepala Dinas yang diundang. Turut hadir pula Isman, AP Analis Kebijakan BPP Kemendagri RI sebagai narasumber.

Isman, AP dalam paparannya menyebutkan bahwa inovasi adalah cara atau metode. “Inovasi itu bukanlah tujuan. Tapi adalah cara atau metode dalam mencapai tujuan. Inovasi bukan soal belanja, bukan soal kecanggihan teknologi, dan bukan project. Melainkan soal mengubah budaya kerja kita”, ungkap Isman, AP. Pada kesempatan tersebut Isman, AP memberikan motivasi, persamaan persepsi, dan strategi-strategi untuk memenuhi indikator-indikator dalam Indeks Inovasi Daerah Kemendagri RI agar capaian indeks inovasi di Kabupaten Klungkung dapat lebih optimal.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, dalam arahannya menginstruksikan agar perangkat daerah memperhatikan dan mengoptimalkan pemenuhan indikator dalam indeks inovasi daerah Kemendagri RI sehingga indeks inovasi daerah di Kabupaten Klungkung dapat meningkat. Hal ini juga sebagai bentuk laporan perangkat daerah tentang capaian inovasi yang telah dilakukan. Terhadap inovasi-inovasi yang sudah terdata di pangkalan data namun belum optimal dalam pemenuhan indikator, agar dilakukan evaluasi oleh Baperlitbang Kabupaten Klungkung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klungkung juga memberikan atensi kepada beberapa inovasi yang telah terdata. Salah satunya adalah inovasi di bidang perpustakaan. Bupati Klungkung memberikan arahan kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung untuk mengembangkan perpustakaan digital agar koleksi yang dimiliki dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat di era teknologi saat ini. Pengembangan perpustakaan digital perlu dikaji dan dikoordinasikan dengan Baperlitbang Kabupaten Klungkung.

Sebagai informasi, bidang perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung memiliki beberapa inovasi pelayanan publik. Inovasi tersebut seperti GEMA ARCA (Gerakan Gemar Membaca Masyarakat), MOLA BALI (Mobil Layanan Berbasis Inklusi Sosial), PUSPA MUNGGAH (Perpustakaan Terapan Menuju Klungkung Sejahtera), LAPAK (Layanan Pustaka dan Permainan Edukatif Anak Kurang Mampu), PINTER (Pelayanan Literasi Antar ke Rumah), WIKAN (Wahana Literasi Kantor), LISAKU (Literasi Wisata dan Kuliner), dan SIPUSPA (Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu). Inovasi yang diinisiasi ini bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat sehingga dapat membantu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di Kabupaten Klungkung. (rjp).

Tinggalkan komentar