Penyampaian Risalah Hasil Pengawasan Kearsipan Sementara Pemkab Klungkung Tahun 2022

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung menerima kunjungan dari Tim Pengawas Kearsipan Daerah Provinsi Bali dalam rangka penyampaian Risalah Hasil Pengawasan Kearsipan Sementara pada hari Selasa, 11 Oktober 2022. Kunjungan dari Tim Pengawas disambut oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, I Komang Gde Wisnuadi, S.Sos., didampingi oleh Kepala Bidang dan Fungsional Arsiparis Bidang Penyelenggaraan Kearsipan.

Risalah Hasil Pengawasan Kearsipan Sementara disampaikan oleh Ketut Ayu Budi Setiawati, SH., M.Si selaku Tim Pengawas Kearsipan Daerah Provinsi Bali. Risalah Hasil Pengawasan Kearsipan Sementara sendiri memiliki lima aspek yaitu Kebijakan, Pembinaan Kearsipan, Pengelolaan Arsip Inaktif, Pengelolaan Arsip Statis dan Sumber Daya Kearsipan. Dari lima aspek penilaian tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung sudah baik namun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan di tahun berikutnya. Hal ini tidak lepas dari komitmen pimpinan dalam upaya meningkatkan hasil pengawasan kearsipan. Hasil Risalah Kearsipan dari Tim Pengawas akan digunakan sebagai acuan perbaikan sistem kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung.

Sebagai informasi, sesuai ketentuan Peraturan ANRI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan, nilai hasil pengawasan kearsipan merupakan akumulasi nilai pengawasan eksternal (memiliki bobot 60%) dan nilai pengawasan kearsipan internal (memiliki bobot 40%). Nilai hasil pengawasan kearsipan menjadi acuan dalam menentukan indeks penyelenggaraan kearsipan pada objek pengawasan.

Kegiatan pengawasan kearsipan eksternal menghasilkan Laporan Audit Kearsipan Eksternal (LAKE). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengawasan Kearsipan Daerah Provinsi Bali terhadap Lembaga Kearsipan Daerah. Sementara itu, kegiatan pengawasan kearsipan internal menghasilkan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) yang dilaksanakan oleh Tim Pengawasan Kearsipan Internal Pemerintah Kabupaten Klungkung terhadap Perangkat Daerah se-Kabupaten Klungkung. Di Tahun 2021, pengawasan internal dilaksanakan terhadap 21 Perangkat Daerah sedangkan di Tahun 2022 pengawasan internal dilaksanakan terhadap seluruh Perangkat Daerah (30 Perangkat Daerah). Nilai hasil pengawasan kearsipan, baik eksternal maupun internal, berpengaruh pada Indeks Kearsipan Daerah dan nilai Reformasi Birokrasi bidang kearsipan.

Tinggalkan komentar