Disarpus Klungkung Terima Kunjungan Kerja Dispusarsip Gianyar

(Semarapura, 04/10/2022). Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung menerima kunjungan kerja dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar. Rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar yang dipimpin oleh I Gede Wayan Astina, S.STP, M.Si, Kepala Bidang Deposit Pengembangan dan Pengolahan Perpustakaan, diterima langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, I Komang Gde Wisnuadi, S.Sos di ruang rapat Disarpus Klungkung. Pada kesempatan tersebut, kedua lembaga saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman penyelenggaraan kegiatan perpustakaan di wilayah masing-masing.

“Perpustakaan Daerah Kabupaten Klungkung terus berupaya menghadirkan inovasi-inovasi layanan perpustakaan kepada masyarakat, seperti mobil perpustakaan keliling yang diisi oleh kelas mewarnai bagi anak-anak pada saat car free day, layanan wahana literasi kantor, layanan literasi wisata dan kuliner, layanan pustaka dan alat permainan edukasi bagi anak kurang mampu, serta pengembangan sistem informasi perpustakaan daerah”, sambut I Komang Gde Wisnuadi. Ia menambahkan bahwa ditengah keterbatasan anggaran, namun kegiatan pelayanan perpustakaan harus tetap dilaksanakan secara maksimal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada agar masyarakat dapat merasakan secara langsung dampak dari adanya perpustakaan. Hal ini supaya tumbuh kegemaran membaca masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing sumber daya manusia.

Sementara itu, I Gede Wayan Astina menyampaikan rasa syukurnya bisa bersilahturahmi ke Disarpus Klungkung. Dikatakan bahwa kegiatan-kegiatan perpustakaan yang telah dilakukan Disarpus Klungkung sangat inovatif dan dapat diterapkan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Gianyar. Ditambah lagi, kedua wilayah ini sama-sama membangun gedung layanan perpustakaan yang bersumber dari anggarana Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022. Dengan demikian, tugas berat menanti agar gedung tersebut dapat berfungsi secara maksimal.

Pada kesempatan yang sama, Pustakawan Disarpus Klungkung Rees Jati Prakasa, SIP memberikan informasi terkait arah pembinaan perpustakaan di Kabupaten Klungkung. “Tahun 2022, pembinaan perpustakaan dilakukan melalui tahap koordinasi, pendataan, sosialisasi dan workshop, serta monitoring evaluasi. Khusus untuk kegiatan sosialisasi dan workshop, dilaksanakan di kantor Disarpus Klungkung dengan mengundang tenaga pengelola perpustakaan. Hal ini berbeda pada tahun-tahun sebelumnya yang mana Kita melakukan pembinaan ke lokasi perpustakaan sekolah dan desa. Dengan terbatasnya anggaran, kami melakukan strategi pembinaan dengan cara sosialisasi dan workhop di kantor Disarpus Klungkung”, sambung Rees Jati Prakasa. Cari ini menurutnya lebih efektif dan dapat menjangkau seluruh sasaran peserta pembinaan, ketimbang melakukannya langsung ke lokasi. (RJP).

Tinggalkan komentar