Bapak Bupati Klungkung Buka Workshop Online Strategi Penulisan dan Penerbitan Artikel Ilmiah

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka kegiatan Workshop Online Strategi Penulisan dan Penerbitan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru, dari ruang kerjanya Kamis (15/7/2021). Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan upaya peningkatan profesionalisme guru.
“Saya mengapresiasi, meskipun kita tengah menerapkan PPKM Darurat namun kegiatan ini bisa tetap berjalan tanpa harus berkumpul melalui daring. Melalui acara ini saya berharap guru dapat memahami dan semakin terampil dalam menulis karya ilmiah, mengetahui kaidah dalam penerbitan karya ilmiah, serta mengetahui cara mengakses bahan bacaan ilmiah sebagai referensi. Sehingga karya ilmiah tersebut menjadi acuan yang terpercaya dalam peningkatan mutu pendidikan, ” ujar Bupati Suwirta.
Kepada para narasumber Bupati Suwirta berharap untuk bisa memberikan ilmu dan pengalamannya sehingga para guru di Klungkung mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga Perpustakaan yang ada di Klungkung bisa mengikuti perkembangan saat ini. “Nanti setelah selesai acara ini para guru supaya mampu menghasilkan artikel karya ilmiah sebanyak banyaknya untuk memperkaya perpustakaan, tidak hanya bersumber pada buku buku yang ada selama ini namun juga dari karya ilmiah yang dapat dipertanggung jawabankan. Hal ini sudah sejalan dengan misi saya yakni ingin mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. ” tandasnya.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, I Komang Gde Wisnuadi, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam menulis artikel ilmiah serta meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan penelusuran literatur untuk artikel ilmiah. Selain itu juga untukĀ  meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan sumber penelitian.
Peserta berjumlah sebanyak 251 orang yang terdiri dari 170 peserta berasal dari Kabupaten Klungkung dan 81 peserta dari luar daerah Kabupaten Klungkung. Peserta merupakan guru dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Kegiatan workshop dilaksanakan secara daring (online) dari tanggal 15-18 Juli 2021 dengan menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya ; Dr. Sofyan, M.Pd. dari Universitas Jambi, Dr. I Wayan Widana, M.Pd dari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Dedi Mulyadi, S.Sos dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Sukabumi serta Rees Jati Prakasa, SIP dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Klungkung.
Sumber: Bali Tribune

Tinggalkan komentar