Disarpus Klungkung Siap Terapkan Kunang-Kunang Sebagai Gerbang Layanan Internet Bagi Pemustaka

Seiring dengan perkembangan era revolusi industri 4.0 di Indonesia, saat ini informasi semakin mudah untuk diakses. Salah satu cara aksesnya adalah dengan menggunakan media internet. Internet memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk mengakses informasi dari berbagai situs guna mengembangkan potensi diri agar dapat meningkatkan kesejahteraan. Perpustakaan dalam fungsinya sebagai pusat sumber informasi harus mampu mengikuti perkembangan informasi yang semakin meningkat dengan menyediakan fasilitas internet dan sarana TIK bagi pemustaka.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung sebagai penerima manfaat dari Program Nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI berupa sarana TIK, yaitu 2 unit komputer, 1 unit server, dan 1 unit printer. Bantuan sarana TIK tersebut diupayakan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan layanan internet bagi pemustaka sehingga perpustakaan memiliki nilai guna yang tinggi bagi masyarakat.

Sebagai tindak lanjut atas bantuan yang diberikan, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Bimtek Kunang-Kunang pada tanggal 56 Oktober 2020 secara virtual yang diikuti oleh staf dan PIC Perpustakaan Provinsi Kabupaten/Kota penerima manfaat Program Nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2020. Kunang-Kunang adalah sebuah aplikasi manajemen internet yang berfungsi sebagai sistem informasi manajemen pengguna internet perpustakaan. Kehadiran aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengelola perpustakaan untuk mengetahui data penggunaan internet, menganalisa, serta menyurvei kebutuhan pemustaka. Selain itu, data yang terekam dalam aplikasi Kunang-Kunang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan advokasi kepada stakeholder untuk kepentingan pengembangan layanan perpustakaan.

Dengan telah terpasangnya aplikasi Kunang-Kunang pada server bantuan dari Perpustakaan Nasional RI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung siap untuk mengimplementasikannya pada layanan internet perpustakaan sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. (Rees Jati Prakasa).

Tinggalkan komentar