Persiapan Akreditasi Perpustakaan Sekolah dan Desa Kabupaten Klungkung Tahun 2020

Perpustakaan menjadi salah satu unsur penting dalam proses pendidikan, baik itu proses pendidikan formal maupun pendidikan non formal memerlukan perpustakaan untuk mendukung proses pendidikan yang berlangsung di dalamnya. Saat ini tersedia perpustakaan umum untuk mendukung proses pendidikan non formal yang dilakukan oleh masyarakat serta untuk mendukung proses pendidikan formal tersedia perpustakaan sekolah. Dalam rangka memberikan layanan prima kepada masyarakat, perpustakaan diharapkan memberikan layanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Untuk menjamin perpustakaan memberikan layanan sesuai dengan SNP, maka dilakukan suatu proses penilaian yang objektif dan transparan terhadap layanan perpustakaan yang dikenal dengan akreditasi perpustakaan.

Akreditasi perpustakaan adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI terhadap kompetensi suatu perpustakaan dalam melakukan kegiatan penyelenggaraan perpustakaan. Tujuan dilakukannya akreditasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Sedangkan manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Berdasarkan Surat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali Nomor 26.041.05/1821/P5KM/DAP tanggal 16 Juni 2020 perihal akreditasi perpustakaan secara online bahwa pelaksanaan akreditasi perpustakaan di masa pandemi COVID-19 ini dilakukan secara online. Perpustakaan yang akan diakreditasi adalah Perpustakaan Desa, Perpustakaan SD, dan Perpustakaan SMP. Menindaklanjuti surat tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung telah menyiapkan Perpustakaan Desa Sampalan Tengah, Perpustakaan SD Negeri 1 Takmung, dan Perpustakaan SMP Negeri 1 Semarapura untuk mengikuti akreditasi perpustakaan. Penunjukkan perpustakaan tersebut didasari oleh hasil pembinaan yang selama ini dilakukan menunjukkan bahwa Perpustakaan Desa Sampalan Tengah, Perpustakaan SD Negeri 1 Takmung, dan Perpustakaan SMP Negeri 1 Semarapura telah memenuhi SNP.

Kunjungan tim pembina perpustakaan yang dipimpin oleh Ni Made Medayani, Plt. Kasi Pembinaan dan Pengawasan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, ke Perpustakaan Desa Sampalan Tengah, Perpustakaan SD Negeri 1 Takmung, dan Perpustakaan SMP Negeri 1 Semarapura pada hari Selasa (7/7) bertujuan untuk memonitoring kesiapan perpustakaan dalam melaksanakan penilaian akreditasi perpustakaan. Selain itu, pembinaan teknis perpustakaan pun dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan pengelola perpustakaan. Berdasarkan hasil pemantauan, secara umum Perpustakaan Desa Sampalan Tengah, Perpustakaan SD Negeri 1 Takmung, dan Perpustakaan SMP Negeri 1 Semarapura telah mengisi sebagian besar instrumen penilaian dan melengkapi bukti dukungnya, termasuk dokumen profil perpustakaan, foto gedung, dan video profil perpustakaan. (Prakas)

Tinggalkan komentar