Visitasi Penilaian Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2020

Dalam rangka meningkatkan pelayanan perpustakaan desa, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Tahun 2020. Lomba tersebut diikuti oleh 9 perpustakaan desa se-Kabupaten/Kota Provinsi Bali. Dalam hal ini, Kabupaten Klungkung diwakili oleh Perpustakaan Desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan.

Tim Penilai dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali, yang dipimpin oleh I Wayan Tunjung, menyatakan bahwa dalam masa pandemi COVID-19 ini lomba perpustakaan desa tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan memperhatikan protokol kesehatan. Harapannya agar perpustakaan desa dapat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat sekaligus sebagai sarana pemberdayaan masyarakat di desa. Visitasi/kunjungan penilaian lomba ini dimaksudkan untuk memverifikasi bukti dukung yang telah disampaikan oleh pengelola perpustakaan Desa Sampalan Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung dengan kondisi riil di lapangan.

I Wayan Tunjung mengapresiasi bahwa telah ada peningkatan dalam hal sarana prasarana perpustakaan, seperti ruangan yang berada di lokasi strategis, berbagai macam koleksi, dan terdapat tenaga pengelola perpustakaan. Namun demikian, ada berbagai hal yang perlu diperbaiki, diantaranya seperti struktur kelembagaan yang belum terpajang, layanan perpustakaan belum terotomasi, dan penataan koleksi yang belum sesuai dengan ketentuan. Oleh karenanya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung selaku pembina harus terus membina perpustakaan Desa Sampalan Tengah agar lebih baik lagi. Terlebih ke depannya terdapat program nasional perpustakaan berbasis inklusi sosial yang menempatkan perpustakaan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi individu dan masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi sosial.

Hadir mendampingi dalam kesempatan tersebut PJ Perbekel Desa Sampalan Tengah, I Ketut Suryartika, dan Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sugiarta Yadnya, beserta staf. I Ketut Suryartika menyampaikan terima kasih telah diberikan kesempatan kepada Perpustakaan Desa Sampalan Tengah mengikuti Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2020. Ke depan, melalui Musyarawarah Desa anggaran untuk perpustakaan desa dapat diusulkan. Untuk itu, ia berharap usulan melalui proposal dari pengelola perpustakaan Desa Sampalan Tengah segera disampaikan dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung dapat terus membina agar perpustakaan Desa Sampalan Tengah bernilai guna bagi masyarakat.

Tinggalkan komentar