Menyambut Bulan Bahasa dan Sastra Nasional, TK Negeri Pembina Klungkung Berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Klungkung

Perpustakaan memegang peranan penting dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sebagai salah satu pusat sumber pengetahuan, pengenalan dan pemberdayaan perpustakaan perlu dilakukan sejak usia dini agar membentuk karakter manusia yang unggul dan memiliki pengetahuan yang luas.

Dalam rangka menyambut bulan bahasa dan sastra nasional yang jatuh pada setiap bulan Oktober, Perpustakaan Daerah Kabupaten Klungkung menerima kunjungan dari TK Negeri Pembangunan Klungkung (25/10). Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala TK Negeri Pembangunan membawa sekitar 225 anak-anak peserta didik, mulai dari kelas TK A dan TK B. Rombongan disambut oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung ibu Wayan Ringin beserta staf bidang perpustakaan.

Anak-anak TK Negeri Pembangunan menonton film edukatif

Dalam sambutannya, ibu Wayan Ringin menyampaikan bahwa Perpustakaan Daerah Kabupaten Klungkung saat ini memiliki beragam jenis koleksi buku dan alat permainan edukatif (APE) indoor dan outdoor. Khusus untuk APE, alat permainan tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan sensorik, motorik, dan pengetahuan kognitif anak-anak usia dini. Seluruh sumber daya perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum Kabupaten Klungkung dan diharapkan dengan kunjungan ini dapat meningkatkan semangat anak-anak dan orang tua untuk memberdayakan perpustakaan.

Rombongan anak-anak TK Negeri Pembangunan dipandu oleh guru dan staf perpustakaan disuguhi berbagai kegiatan edukatif. Mulai dari penayangan film edukatif, membaca buku-buku yang sesuai, permainan indoor edukatif individu dan beregu sampai dengan permainan outdoor edukatif. Para orang tua yang mengantar anak-anaknya pun juga ikut berpatisipasi dengan membaca buku, koran, majalah dan mendaftar menjadi anggota perpustakaan.

Anak-anak TK Negeri Pembangunan memainkan alat permainan edukatif

Melihat antusiasme sekolah, anak-anak, dan orang tua, kegiatan kunjungan ini ke depan akan ditingkatkan lagi. Dengan demikian, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung dapat ikut berperan aktif dalam meningkatkan literasi masyarakat dan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Klungkung. (rjp).

Tinggalkan komentar