Pembinaan Teknis Perpustakaan Desa Sampalan Tengah

Pembinaan teknis perpustakaan ke Desa Sampalan Tengah dilakukan pada tanggal 19 September 2019. Tim yang turun sebanyak 5 orang yang dipimpin oleh Kasi Pembinaan dan Pengawasan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Klungkung Tjok Gde Agung.

Secara umum pengelolaan perpustakaan Desa Sampalan Tengah sudah berjalan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari adanya ruang perpustakaan yang tertata rapi, adanya komputer dan wifi, adanya kelengkapan buku administrasi perpustakaan, dan adanya petugas perpustakaan.

Meja petugas perpustakaan Desa Sampalan Tengah

Namun demikian, perpustakaan Desa Sampalan Tengah belum memiliki visi misi, belum memiliki program kerja yang jelas, masih kurangnya pengetahuan teknis terkait pengelolaan perpustakaan oleh petugas dan belum adanya struktur organisasi. Dengan demikian perpustakaan Desa Sampalan Tengah masih belum memenuhi SNP (Standar Nasional Perpustakaan).

Kondisi rak buku perpustakaan Desa Sampalan Tengah

Pengurus Desa Sampalan Tengah telah memberikan perhatian di bidang pendidikan dengan membangun perpustakaan desa agar masyarakat dapat menambah wawasan dan pengetahuannya. Diharapkan ke depan pengurus desa dapat meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan desa dengan mengembangkan dan meningkatkan koleksi perpustakaan. (rjp).

Tinggalkan komentar