Kunjungan Komisi A DPRD Kabupaten Kediri di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung

  • 15 Juli 2016
  • Dibaca: 335 Pengunjung
Kunjungan Komisi A DPRD Kabupaten Kediri di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung

Dakam rangka koordinasi, konsultasi dan Sharing terkait pengelolaan Kearsipan Daerah,  Komisi A DPRD Kabupaten Kediri melakukan study banding ke Kantor Perpustakaan,Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2016. Hadir dari Komisi A DPRD Kabupaten Kediri yaitu : Edy Suprapto, Heri Gunawan, Dodi Purwanto, Eny Mardiyati, Eko Marwiyati, Feni MD, Kuswanto, Dadang Sapuno, Joko Riyono, Abdul Hasyi, Mujiono, Moh. Saiful, Adriani, Wulandari dan diterima oleh Plt. Asisten I (I Wayan Sumarta), Staf Ahli (Wayan Ringin) serta Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung (I Putu Sadia, SE.,MSi) di Ruang Rapat Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Klungkung.  Pada kesempatan tersebut dijelaskan tentang tata cara mengelola, memelihara dan melestarikan karya cetak serta karya rekam hasil budaya khususnya karya budaya yang dihasilkan oleh Kabupaten Klungkung mengingat Kabupaten Kabupaten Klungkung dahulu merupakan pusat Kerajaan di Pulau Bali.

 

Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah dalam penyelamatan Arsip yang bersifat Statis milik Daerah, antara lain :

  • Melakukan koordinasi dengan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam rangka mendata dan menginventarisasi Arsip Statis  yaitu arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau lembaga kearsipan.
  • Melaksanakan Penelusuran Arsip Statis berdasarkan data dan inventarisasi yang diperoleh dari Unit Kearsipan.

 

Hasil yang di capai komisi A DPRD Kabupaten Kediri adalah sebagai berikut :

  1. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung telah mengelola kearsipan yang usianya mencapai hingga 100 tahun antara lain berupa dokumen peninggalan Wali Pitu Habib Ali bin Abu Bakar al-Hamid yang menjadi guru bahasa Melayu Raja Klungkung saat itu (Dalem I Dewa Agung Jambe) salah satunya dimakamkan di pantai Desa Kusamba, Kecamatan Dawan.
  2. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung telah memiliki Depo Arsip (Pusat arsip inaktif) dengan ruang tersendiri.
  3. Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung terus menggiatkan Sosialisasi  mengenai kearsipan kepada kelurahan, desa, kecamatan hingga SKPD agar penyajiannya sesuai dengan standar nasional.
  4. Kantor Perpustakaan , Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Klungkung rutin melakukan pendataan dan komunikasi dengan pengolah arsip sehingga jumlah arsip terupdate.

Acara diakhiri dengan pertukaran plakat antara Kabupaten Klungkung dengan Kabupaten Kediri.

  • 15 Juli 2016
  • Dibaca: 335 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita